Saturday, September 21, 2013

Tiga Kunci Sukses | Mimpi, Motivasi, dan Konsisten!!

"Setiap pagi datang, selalu ada dua pilihan.
Terus tidur untuk melanjutkan bermimpi, atau bangun untuk mengejar mimpi!"
(dikutip dari Mario Teguh)

Melihat pernyataan di atas sama-sama mengandung kata 'mimpi'. Tapi apakah keduanya bermakna sama? Tidak! Kedua makna mimpi di atas sangatlah berbeda. Mimpi dalam kata 'bermimpi' yang artinya adalah sebagai bunga tidur sedangkan yang satunya adalah gambaran dari apa yang kita inginkan di masa depan, yang biasanya disebut dengan cita-cita. Yang akan dibahas dalam post kali ini adalah mimpi yang berhubungan dengan cita-cita.

Setiap manusia pasti memiliki mimpi. Termasuk Anda dan juga saya. Karena, bisa dibilang, mimpi itu mempunyai peranan penting dalam hidup kita. Tanpa mimpi, kita hanya akan menjadi seonggok daging yang hanya mengikuti alur kehidupan saja, tanpa tau apa yang seharusnya kita perbuat. Coba kita perhatikan sedikit cuplikan lirik lagu yang dipopulerkan oleh Nidji dengan judul Laskar Pelangi.

Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia
Berlarilah, tanpa lelah, sampai engkau meraihnya!


Dalam cuplikan lirik lagu di atas, sudah sangat lah jelas, apa peran mimpi dalam kehidupan kita. 'Kunci' yang dimaksud di atas adalah seperti alat, alat untuk kita berbuat sesuatu untuk mengubah dunia, yang dalam lirik tersebut dikonotasikan dengan 'menaklukkan dunia'. Betapa pentingnya mimpi dalam kehidupan kita ini, hingga dalam lirik di atas pun menyuruh kita agar terus berlari mengejar mimpi sampai kita bisa meraihnya.

Jika kita sudah memiliki mimpi, kita akan dengan sendirinya memiliki sebuah motivasi. Motivasi inilah yang akan menjadi mesin penggerak bagi kita untuk bisa meraih mimpi tersebut. Namun pada kenyataannya, motivasi tidak akan terus-menerus muncul dalam jiwa kita. Pasti pernah ada saat di mana motivasi itu memudar, bahkan menghilang. Nah, inilah hal yang bisa mengganggu kita. Jika hal ini terjadi pada kita, hal yang harus kita lakukan adalah mengingat kembali apa mimpi kita. Dengan begitu, motivasi tersebut akan dengan sendirinya kembali muncul perlahan-lahan.

Selain itu, kita juga harus memiliki mimpi yang tinggi, seperti kata pepatah "Bermimpilah setinggi langit". Mengapa ini penting? Karena, selain untuk memunculkan motivasi dalam diri kita, ini juga penting agar kita bisa tetap konsisten dalam mimpi kita tersebut. Pertanyaan selanjutnya, mengapa harus konsisten?

Konsisten bisa menjadi alat juga untuk kita, agar kita tetap berada dalam satu jalur, satu tujuan, satu fokus, untuk menuju mimpi kita. Jika kita tidak konsisten, bisa jadi kita akan keluar dari jalur kita. Sebenarnya bukan suatu masalah besar, jika kita bisa kembali lagi dalam jalur kita sesungguhnya. Namun jika kita tidak bisa kembali pada jalur kita, gimana? Mau dikemanakan mimpi kita? :)  Nah,  oleh karena itu, sedini-mungkinlah kita untuk tau apa sebenarnya mimpi kita sesungguhnya, agar kita bisa fokus pada mimpi tersebut. Tidak perlu banyak, satu saja sudah cukup.

Asalkan kita bisa me-sinkron-kan mimpi, motivasi, dan konsistensi, kunci sukses tersebut akan ada di tangan kita. 


Perlu diingat juga, fokus itu penting. Seperti pepatah berikut,

"Jika kita mengejar dua kelinci bersamaan, niscaya kita tidak akan mendapatkan keduanya."
(dikutip dari Kata-kata Bijak)

Dan sekarang, BERANILAH BERMIMPI!!!


(gambar diambil dari google)

No comments:

Post a Comment