Thursday, January 2, 2014

Mahasiswa vs Siswa

Beberapa pelajar Indonesia yang telah lulus pendidikan SMA akan memilih melanjutkan studinya di perguruan tinggi, baik swasta ataupun negeri. Mereka akan melakukan beberapa tes seleksi untuk masuk di perguruan tinggi yang mereka inginkan. Setelah mereka dinyatakan lulus tes seleksi tersebut, mereka secara resmi telah berubah status, yang awalnya siswa menjadi mahasiswa, akan tetapi juga menunggu peresmian secara resmi dari universitas atau institute mereka sendiri.

Pasti ada yang bingung, apasih yang membedakan antara mahasiswa dan siswa? Kalau dilihat dari unsur-unsur katanya, sudah jelas berbeda, yang satu terdapat kata ‘maha’ sedangkan satunya tidak. Lalu, apa maksudnya dan apa inti perbedaannya?

Maksud dan inti perbedaannya terletak pada kata ‘Maha’ tersebut, yang artinya besar. Jadi,  mahasiswa itu besar dalam segalanya, baik tugas, tanggungjawab, kemandirian, dan lain-lain. Mahasiswa sudah dianggap dewasa, harus bisa memiliki sifat kemandirian yang tinggi, karena rata-rata anak kuliahan dikenal dengan sifat keindividuannya yang besar. Jadi kalau tidak mandiri, kita akan ketinggalan banyak hal serta info-info penting atau kalau sekarang biasa disebut dengan istilah kudet.

Sedangkan yang siswa, mereka masih dianggap belum bisa mandiri, walaupun mungkin ada beberapa yang sudah belajar untuk hidup mandiri. Dan kehidupan siswa di SD, SMP, maupun SMA sangat berbeda dengan mahasiswa di kampus. Untuk siswa, jadwal sekolah telah diatur sedemikian rupa, sedangkan untuk mahasiswa, mereka sendirilah yang mengatur. Masuk atau tidak masuk itu pilihan mereka, yang penting mereka bisa lulus dalam ujian mereka. Kalau tidak lulus berulang kali, status kemahasiswaan mereka bisa diambil, atau istilahnya adalah Drop Out.

Jadi, kalau kita ingin menjadi seorang mahasiswa, kita harus benar-benar dewasa serta serius dalam menjalani status tersebut. Karena menyandang status mahasiswa tidak semudah seperti apa yang terlihat dari pribadi luarnya. Namun, menjadi seorang mahasiswa atau stop dalam status siswa, itu juga pilihan kalian, pilihan hidup kalian. Jadi, pandai-pandailah juga dalam memilih langkah untuk hidup kalian. Yang perlu diingat adalah berpendidikan tinggi itu penting. Namun, semua pilihan tetap berada di tangan kalian.

#tugas essay gerigi 2013, semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment